Kenali Diet & Pengaruhnya bagi Kesehatan

DIET mungkin menjaga tubuh Anda tetap ramping dan sehat, tetapi dampaknya tidak berhenti di situ. Faktanya Diet yang salah bisa membuat kesehatan Anda jadi terabaikan

Berikut jenis, manfaat dan pengaruh diet bagi kesehatan Anda

Diet Mediterania

Ikan, sayuran hijau, minyak zaitun, dan buah adalah makanan utama dari diet jantung sehat. Tetapi manfaat tidak berakhir di sana, diet Mediterania juga dapat melindungi terhadap melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan. Sebuah studi di Italia menunjukkan, asam lemak omega-3 dalam ikan membantu menjaga kulit-sel membran agar kuat dan elastis.

Antioksidan dalam sayuran hijau dan minyak zaitun dapat melindungi terhadap sinar ultraviolet dan serangan lingkungan lain yang dapat memecah kolagen dan elastin, dukungan struktural seperti ini yang menjaga kulit tetap montok dan mulus.

Minyak zaitun, tomat, dan anggur merah juga memiliki antioksidan yang membantu memblokir reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari, papar Dr. Leslie Baumann, CEO dari Kosmetik Baumann dan Research Institute di Miami Beach, Florida.

Anggur merah mengandung resveratrol, antioksidan yang bagus untuk kulit, tapi jika berlebihan dapat membuat dehidrasi, dan meninggalkan kulit kering. Terlalu banyak alkohol juga dapat menghasilkan radikal bebas, yang dapat memecah kolagen, yang menyebabkan kerutan.

Vegetarian/vegan

Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan, tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.

Diet vegetarian telah menunjukkan efek menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, dan mencegah terjadinya hipertensi pada orang normal. Penelitian juga menunjukkan wanita vegetarian yang telah memasuki menopause akan berkurang resiko penyakit jantung, kanker endometrium dan kanker payudara dibanding wanita dengan diet normal.

Namun, terdapat beberapa bahaya dari vegetarian yaitu: defisiensi vitamin B12 dan vitamin D yang umumnya berasal dari sumber hewani. Defisiensi zat besi dan Omega-3, sehingga para vegan lebih rentan anemia. serta kelebihan kadar garam yang sering ditemukan pada makanan pengganti daging.

Diet Atkins

Diet Atkins merupakan diet rendah karbohidrat tinggi protein yang paling populer. Diet ini dapat cepat menurunkan berat badan karena lebih banyak membakar kalori, dan menjadikan lebih cepat kenyang sehingga menekan nafsu makan. Diet rendah karbohidrat menyebabkan masalah pada metabolisme tubuh, kerena tubuh akan membakar lemak untuk diubah menjadi energi.

Sumber protein diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan dan kekebalan untuk melawan infeksi. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak protein dapat memberikan tekanan pada ginjal, yang menyababkan rentan terhadap penyakit ginjal. Makanan berprotein tinggi berkaitan erat dengan tinggi lemak dan kolesterol, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Protein tinggi juga menyebabkan hilang

Rendah lemak

Mengurangi lemak jenuh pada daging baik untuk jantung dan menjaga ukuran pinggang. Diet rendah lemak hewan juga baik untuk mengatasi radikal bebas terhadap kulit.

Namun, kulit juga membutuhkan lemak, khususnya lemak baik yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan minyak zaitun. Lemak membantu kulit menyerap zat antioksidan dan memperkuat membran sel dan epidermis untuk wajah lebih kenyal.

Tumis sayuran dalam minyak zaitun, menambah kacang ke dalam salad, dan ikan salmon yang kaya omega-3, juga biji rami dan telur bisa dimasukan dalam menu diet. Asam linoleat yang ditemukan di minyak nabati penting untuk memperkuat proteksi kulit, yang menjaga kelembaban dan iritasi dari kulit.

Makanan mentah

Anda boleh memakan apapun asal belum diproses dan dimasak. Sehingga, mau tidak mau pilihan akan jatuh pada buah dan sayuran organik, kacang-kacangan, biji-bijian rumput laut, dan air. Hal ini dapat mempertahankan enzim alami yang membantu pencernaan, energi, dan penurunan berat badan.

Hanya sedikit sumber karbohidrat dan protein yangg dapat dimakan mentah tanpa proses pemasakan. Pilihan makanan yang terbatas menyebabkan tubuh kekurangan beberapa zat gizi.

Diet CarbLovers

Diet ini berupa konsumsi makanan yang disebut Resistant Starch (RS), sejenis karbohidrat yang bertindak seperti serat, bergerak melalui saluran pencernaan tanpa sepenuhnya dicerna, diserap, atau dikonversi menjadi glukosa. Makanan ini dapat meningkatkan metabolisme dan membuat Anda kenyang lebih lama. Hasilnya tubuh menjadi bugar dan kulit yang sehat.

Tapi karena lonjakan gula darah dan insulin, ini dapat menyebabkan produksi minyak meningkat dan pori-pori tersumbat yang memperburuk jerawat. Tapi, CarbLovers juga menyediakan banyak omega-3, asam lemak, antioksidan dan protein pembangun kolagen.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dietetics Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger